Relawan Optimistis Partai Bakal Mulai Merapat : Anies Siap Nyapres


Tim relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) yakin partai-partai bakal segera merapat, setelah Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan kesediaannya maju dalam pemilihan presiden atau Pilpres 2024. Menurut SKI, banyak partai yang telah menunggu pernyataan terbuka Anies itu.

"Kesanggupan Anies maju ke gelanggang politik 2024 yang telah dinyatakan secara terbuka itu diperkirakan akan segera direspons dengan dukungan resmi oleh partai-partai politik yang selama ini melakukan penjajakan untuk berkolisi mengusung penggagas program ‘Indonesia Mengajar’ itu, yakni Nasdem, PKS, dan Demokrat," ujar Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati dalam keterangannya, Sabtu, 17 September 2022.

Menurut Jati, pernyataan kesediaan Anies Baswedan untuk maju itu sesuai dengan aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, Jati yakin Anies bakal segera mendapat kendaraan politik setelah menyatakan kesediaan maju dalam Pilpres 2024.

"Kami yakin, partai-partai yang memiliki orientasi jauh ke depan akan setia dalam garis aspirasi rakyat. Mereka akan meminimalisir perbedaan demi terwujudnya doa rakyat bagi tampilnya pemimpin bangsa yang mumpuni,” lanjut Jati.

Anies Baswedan menyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden dalam wawancara bersama media asing Reuters di Singapura dua hari lalu. Kepada media, Anies menyatakan siap nyapres asal ada partai politik yang mengusungnya.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," katanya dikutip dari Reuters, Kamis, 15 September 2022. Kepada Reuters, Anies mengatakan posisinya yang bukan kader partai politik manapun memungkinkan dia untuk menjalin komunikasi dengan semua kalangan.

Anies menanggapi pula soal hasil survei yang menempatkannya sebagai salah satu tokoh dengan elektabilitas tertinggi bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya rasa mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengklaim kebijakannya sebagai pemimpin Ibu Kota selama ini telah menyatukan rakyat Jakarta. Pernyataan ini ia sampaikan menanggapi kritik kepadanya yang dianggap bisa menang Pilgub DKI Jakarta karena dibantu kelompok Islam garis keras dan tak bisa memperbaiki perpecahan sosial yang terjadi.

Anies Baswedan meminta publik menilainya berdasarkan hasil kerja dia di Jakarta. “Dulu, orang berasumsi tentang saya dan apa yang saya perjuangkan dan apa yang akan saya lakukan di kantor. Sekarang, saya telah menjabat selama lima tahun. Jadi nilailah saya berdasarkan kenyataan dan rekam jejak," kata Anies Baswedan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak-jejak Kaki Dinosaurus Berusia 113 Juta Tahun Terlihat di Sungai yang Mengering

Adu Gengsi, Itsuki vs Heqin Bakal Sengit di ONE Fight Night 1

China Tes Covid Massal saat Cuaca 'Neraka', Warga Kesal Kepanasan